KELAS 7 "PENCEMARAN LINGKUNGAN BAGIAN 3"

 PENCEMARAN LINGKUNGAN

A. KOMPETENSI DASAR
3.8  Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem.
4.8 Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan.

B. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Melalui kegiatan membaca literatur, Ananda dapat mendeteksi terjadinya pencemaran lingkungan.
  2. Setelah mengamati gambar, Ananda dapat menganalisis faktor-faktor penyebab pencemaran air.
  3. Melalui kegiatan pengamatan, Ananda dapat menganalisis dampak pencemaran air bagi ekosistem.
  4. Melalui kegiatan membaca literatur, Ananda dapat memecahkan masalah pencemaran air.
  5. Setelah mengikuti aktivitas pembelajaran, Ananda mampu mengembangkan sikap bersyukur, kepedulian, dan tanggungjawab.
C. AKTIVITAS PEMBELAJARAN


MENDETEKSI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Gambar 1 Asap Kendaran

Gambar 2. Sampah berserakan di air dan tanah

Gambar 1 dan 2 menunjukkan beberapa hal yang terjadi di lingkungan kita. Gambaran tentang apakah itu? Coba Ananda pikirkan. Terjadinya perubahan lingkungan akan memengaruhi keberadaan atau kelangsungan makhluk hidup yang ada di dalamnya. Makhluk hidup pada suatu lingkungan selalu tergantung antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu, apabila ada salah satu komponen yang berubah, maka akan menyebabkan perubahan pada makhluk hidup lain yang tidak mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Coba perhatikan Gambar 3 dan 4.

Gambar 3. Sungai yang jernih 

Gambar 4. Sungai tercemar oleh sampah

Apakah Ananda mengetahui perbedaan dari kedua gambar tersebut? Coba carilah perbedaan mengenai akibat yang ditimbulkan dari dua kejadian tersebut. Pada Gambar 3, sungai tampak bersih, tidak banyak sampah yang terbawa air sungai sehingga tidak menyebabkan bau dan air tetap jernih. Akan tetapi, pada Gambar 4. sampah-sampah yang dibuang ke sungai akan menghambat arus sungai dan dapat menyebabkan bau yang tidak sedap dan menyebabkan air menjadi keruh. Hal ini akan memengaruhi kehidupan makhluk hidup yang berada di sungai. Apabila terjadi hal seperti ini, maka lingkungan tersebut dapat dikatakan mengalami pencemaran. 

Menurut UU RI Nomor 23 Tahun 1997, pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya. Pencemaran lingkungan dapat terjadi karena kegiatan manusia dan faktor alam. Pencermaran dapat terjadi di udara, di air, maupun di tanah. 

Udara yang baik sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk bernapas. Tetapi saat ini, kadar oksigen di udara mulai berkurang akibat aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Adapun ciri-ciri udara yang tercemar adalah kadar karbondioksida tinggi, berwarna, berbau, pengap, dan menyebabkan iritasi mata. Air dikatakan bersih apabila jernih, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa, dan tidak mengandung organisme yang berlebih. Air yang tercemar akan berbau, mengandung bahan pelarut dan endapan, derajat keasaman tidak netral, terdapat mikroorganisme yang berlebih, memiliki rasa, radioaktivitas air meningkat, suhu air berubah, dan berwarna. Tanah yang subur akan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan. Sebaliknya, tanah yang tidak subur karena sudah tercemar akan menimbulkan banyak kerugian. Ciri-ciri tanah yang tercemar adalah derajat keasaman (pH) tanah sangat tinggi, kandungan mineral sangat sedikit, tanah mengandung plastik dan bahan lain yang tidak dapat diuraikan, pertumbuhan mikroorganisme dan jamur tidak ada, unsur hara tanah hilang. 

Agar Ananda lebih memahami tentang tanda-tanda terjadinya pencemaran silahkan Ananda menjawab beberapa pertanyaan analisis berikut.

1. Tuangkan informasi yang Ananda peroleh dalam diagram Frayer berikut. Tuliskan pada masing-masing kolom sebagai berikut.
a. Pengertian pencemaran pada kolom definisi.
b. Ciri-ciri lingkungan air yang tercemar pada kolom air tercemar.
c. Ciri-ciri lingkungan udara yang tercemar pada kolom udara tercemar.
d. Ciri-ciri lingkungan tanah yang tercemar pada kolom tanah tercemar. 


2. Berdasarkan bacaan dan Gambar 2, lengkapi tabel berikut dengan memberikan
tanda ceklis (V) pada kolom Setuju atau Tidak Setuju sesuai dengan pemahaman
Ananda. 


3. Tunjukkan kepada guru, hasil diskusi yang telah Ananda buat untuk mendapatkan
masukan. Jika tidak dapat menyampaikan secara langsung kepada guru maka buatlah foto tabel tersebut dan kirimkan kepada guru mata pelajaran Ananda. Jangan lupa tunjukkan juga kepada orang tua sebagai wujud terima kasih Ananda karena sudah dibimbing dalam mengerjakan tugas.

Jika sudah selesai Ananda bisa kirim melalui link berikut

Sumber Refrensi
Daryanti, S & Rahayu, Y. S. 2020. Pencemaran Lingkungan. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.


Comments

  1. Terimakasih banyak atas ilmunya pak, sangat bermanfaat dan materinya sangat jelas, mudah dipahami :)

    ReplyDelete

Post a Comment