KELAS 8 "MENYELIDIKI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI"

Coba Ananda Praktikan πŸ”Ž

Apa yang anda dapat pelajari dari Animasi diatas? Jelaskan !
Ananda bisa mengambil data dengan menggunakan bantuan Animasi diatas 😊

A. Tujuan 
Pembelajaran
  1. Melalui penyelidikan, Ananda dapat menganalisis konsep Getaran
  2. Melalui penyelidikan, Ananda dapat menganalisis konsep gelombang
  3. Melalui penyelidikan, Ananda dapat menyajikan data haskil percobaan getaran dan gelombang

B. Aktivitas Pembelajaran
Pernahkan Ananda naik ayunan atau melihat orang bermain ayunan? Jika belum pernah, cobalah naik ayunan yang ada di lingkungan sekitar Ananda atau carilah video yang berisi orang bermain ayunan.  Perhatikan Gambar 1 untuk lebih memahami getaran ayunan. 
Gambar 1 Ayunan 

Pada saat kursi ayunan tersebut belum disimpangkan, posisi kursi ada di titik O. Titik O ini disebut titik kesetimbangan. Apabila kursi itu Ananda tarik hingga posisi A, lalu dilepas, maka kursi tersebut akan bergerak bolak-balik melalui titik-titik A,O,B,O,A,O, dan seterusnya. Kursi ayunan tersebut dikatakan bergetar. Gerak ayunan ini adalah contoh getaran. Dapatkah Ananda menunjukkan contoh-contoh lain getaran?

Benda dikatakan bergetar jika benda bergerak bolak-balik secara teratur melalui titik kesetimbangan. Satu getaran adalah gerak bolak balik melalui titik keseimbangan dari titik awal kembali ke titik awal lagi, contohnya gerakan kursi ayunan dari A, O, B, O, A.

Faktor-faktor apakah saja yang memengaruhi getaran?  Bersama-sama dengan guru, teman, atau orang tua, lakukan kegiatan penyelidikan berikut untuk memahami getaran. Pastikan Ananda melakukan percobaan dengan cermat, teliti, dan penuh tanggung jawab.
  1. Siapkan alat dan bahan (1 buah bandul, 1 buah stopwatch/jam, Tali nilon dengan panjang 15 cm dan 30 cm)
  2. Ikatan tali pada kaitan yang memungkinan tali bisa bergerak bebas seperti ayunan. Ikatan bandul di ujung tali bagian bawah
  3. Tarik bandul dengan memberikan simpangan kecil kurang dari 10 derajat kemudian lepaskan. Setelah bandul bergerak satu getaran, hidupkan stopwotach.
  4. Catatlah waktu yang diperlukan bandul bergerak bolak-balik dengan jumlah getaran dan panjang tali seperti yang tercantum pada tabel 1 berikut. 
    Tabel 1 Hasil Pengamatan
    Catatan: 
    Jangan lupa saat melakukan kegiatan praktik foto kegiatan Ananda.

  5. Lengkapi Tabel 1 tersebut pada kolom waktu untuk 1 kali bergetar dan jumlah getaran dalam sekon. Ananda dapat berdiskusi dengan teman atu bertanya kepada guru bagaimana cara mengisinya
  6. Waktu yang diperlukan untuk melakukan satu getaran disebut periode (T). a)bandingkan waktu yang diperlukan untuk melakukan 1 getarn dengan panjang tali 15 cm dan 30 cm. Waktu 1 getaran dengan panjang tali 15 cm=................(Jumlah getaran n). Waktu 1 getaran dengan  panjang tali 30 cm= ..................(Jumlah getaran n). Apakah waktu yang diperlukan sama atau berbeda? b) Apakah panjang tali memengaruhi periode?
  7. Jumlah getaran yang terjadi dalam satu sekon disebut frekuensi (f). a) Bandingkan jumlah getaran yang terjadi dalam satu sekon dengan panjang tali 15 cm dan 30 cm. jumlah getan dengan panjang tali 15 cm=...........(Jumlah getaran n). jumlah getaran dengan panjang tali 30 cm=.............(Jumlah getaran n). Apakah jumlah getaran yang terjadi dalam satu sekon sama atau berbeda? b) apakah panjang tali memengaruhi frekuensi?
  8. Kesimpulan apa yang dapat Ananda tarik dari kegiatan ini terkait dengan faktor-faktor yang memengaruhi getaran?
πŸ“šSumber Refrensi:
Kurniawati Y & Sudibyo, E. 2020. Menyelidiki Getaran, Gelombang, dan Buyi. Direktorat Sekolah Pertama Direktorat Jendral Pendidikan Anak USia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Mengenah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Comments