[PEMBELAJARAN 1 KELAS 7 IPA AKTIVITAS 1] KLASIFIKASI MATERI

YUK BACA DULU SAMPAI SELESAI💪😊

KLASIFIKASI MATERI KELAS 7


KOMPETENSI DASAR

3.3

:

Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari­hari

4.3

:

Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran.


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Melalui studi literatur, Ananda dapat menjelaskan definisi materi.

2.       Melalui pengamatan, Ananda dapat mengklasifikasikan materi/benda berdasarkan wujudnya.

3.       Melalui pengamatan, Ananda dapat mengidentifikasi ciri – ciri wujud materi

4.       Melalui percobaan, Ananda dapat mengelompokkan macam-macam campuran

5.       Melalui percobaan, Ananda dapat mengelompokkan macam-macam campuran homogen

6.       Melalui studi literatur, Ananda dapat menjelaskan definisi asam, basa, dan garam

7.       Melalui percobaan, Ananda dapat menjelaskan pemisahan campuran secara filtrasi dan kromatografi

8.       Melalui percobaan, Ananda dapat menjelaskan perubahan fisika dan kimia


Setiap benda terlihat berbeda, padahal benda­benda tersebut memiliki satu kesamaan yaitu merupakan materi dan semua materi terbuat dari unsur. Pada dasarnya semua unsur dapatdigolongkan menjadi unsur logam dan non logam. Sedangkan berdasarkan susunannya, zat digolongkan menjadi, unsur senyawa, dan campuran.


Materi adalah sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang. Materi berdasarkan wujudnya dikelompokkan atas 3 yaitu zat padat, zat cair, dan zat gas.


Materi tersusun dari beberapa partikel penyusun. Para ilmuan mengklasifikasikan zat atau materi menjadi 2 kelompok yaitu zat tunggal dan campuran. Unsur dan senyawa termasuk kedalam golongan zat tunggal.


1.   Unsur

Setiap zat yang ada di alam ini terbentuk dari materi yang memiliki susunan dan komposisi yang tetap serta mempunyai sifat yang jelas dan disebut zat murni. Setiap zat murni mempunyai sifat­sifat tertentu. Zat murni yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat­zat yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa dinamakan Unsur. Unsur dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu;


a.     Unsur Logam

Secara umum unsur logam mempunyai sifat berwarna putih mengkilap, mempunyai titik lebur rendah, dapat

menghantar arus listrik, dapat ditempa, dan dapat menghantar kalor atau panas. Pada umumnya logam merupakan zat padat namun, terdapat satu unsur logam

yang berwujud cair yaitu air raksa. Beberapa unsur logam dalam kehidupan sehari­hari adalah Cr, Fe, Ni, Cu, Zn, Pt, dan Au

 

b.     Unsur non logam

Pada umumnya unsur logam memiliki sifat tidak mengkilap, penghantar arus listrik yang buruk, dan tidak dapat ditempa. Beberapa unsur nonlogam yang sering digunakan; Flour (F), Brom (Br), Yodium (I)

 

c.     Unsur semi logam (metalloid)

Unsur semi logam memiliki sifat diantara logam dan non logam. Beberapa unsur yang sering digunakan; Silicon (Si), Germanium (Ge),

 

Aturan penulisan lambang unsur yang dikemukakan oleh John Dalton juga mengalami masalah ketika banyak lagi unsur lain yang ditemukan. Masalah ini dicoba dipecahkan oleh Jons Jacob Berzelius. Pada 1813, Berzelius membuat aturan penulisan lambing unsur sebagai berikut:


1)         Menggunakan nama unsur dalam bahasa Latin.

2)         Lambang unsur diambil dari huruf pertama nama unsur tersebut dan ditulis dengan huruf kapital.

3)    Jika ada unsur­-unsur yang memiliki huruf pertama dari namanya sama, maka lambang dari salah satu unsur ditambah lagi satu huruf yang ditulis dengan huruf kecil Contoh: unsur karbon ditulis C, oksigen ditulis O dan kalsium ditulis Ca.


2.     Senyawa

Senyawa merupakan zat murni yang terbentuk dari dua atau lebih unsur melalui reaksi kimia, senyawa dapat juga diuraikan menjadi unsur­unsur pembentuknya, di samping itu sifat­sifat unsur berbeda dengan sifat­sifat senyawa. Misalnya air (H2O) merupakan gabungan antara hidrogen dan oksigen (yang berupa gas), yang bersifat membantu pembakaran (mudah terbakar), sedangkan air merupakan zat yang meredam pembakaran. Air dapat dipisahkan menjadi unsur oksigen dan hidrogen dengan cara elektrolisis.


Daftar Pustaka:
Mardiningsih, L & Sudiboyo, E. 2020. Modul Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Jenjang SMP. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Direktorat Sekolah Menegah Pertama.


Berikut Tugas yang Harus Ananda Download

Selamat Mengerjakan 💪




Comments