AKTIVITAS 1
PEWARISAN SIFAT
KOMPETENSI DASAR
3.3
|
:
|
Menerapkan
konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan mahluk hidup
|
4.3
|
:
|
Menyajikan
hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman
dan hewan hasil pemuliaan
|
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui
aktivitas pembelajaran ini Ananda akan mampu:
1. Menjelaskan
materi genetik yang berperan dalam penentuan sifat;
2. Menyimpulkan
bagaimana materi genetik diwariskan pada setiap generasi.
Untuk menguji kemampuan awal silahkan klik tautan berikut untuk mengerjakannya!
Dari Hasil Pre Test menunjukkan untuk kemampuan awal mengenai pewarisan sifat yang berkaitan dengan Gen dan Kromosom masih belum untuk itu perhatikan pembahasan berikut.
1. Gen berperan untuk menentukan pewarisan sifat seperti rasa, warna, dan bentnuk. Gen terdapat di dalam kromoso, dan menenpati tempat-tempat tertentu, yaitu di dalam lokus-lokus kromosom
2. Jumlah kromosom pada manusia adalah 23 pasang atau 46 buah.
Kromosom laki-laki = 44A + XY atau 22AA + XY
Kromosom wanita = 44A + XX atau 22 AA + XX
Bagaiaman sudah paham?
jika belum yuk ikuti pembelajaran 1 berikut ini! Aktivitas 1
B. PEMBELAJARAN 1
Setiap orang memiliki sifat yang membedakan
dirinya dengan orang lain.Pernahkah Ananda mengamati wajah teman-teman dalam
satu kelas? Atau mengamati wajah dari anggota keluarga Ananda? Bagaimana bentuk telinga mereka, warna rambut,
warna kulit, bentuk mata atau hidung? Apakah Ananda menemukan perbedaan ciri-ciri
tersebut pada mereka? Bagaimanakah
dengan saudara atau teman Ananda yang kembar? Apakah mereka juga memiliki ciri
yang berbeda satu dengan yang lain? Cobalah lakukan aktivitas belajar berikut
untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui
aktivitas pembelajaran ini Ananda akan mampu:
1. Menjelaskan
materi genetik yang berperan dalam penentuan sifat;
2. Menyimpulkan
bagaimana materi genetik diwariskan pada setiap generasi.
B.
AKTIVITAS
PEMBELAJARAN
Apakah setiap hari
Ananda selalu bercermin untuk merapikan diri?
Pernahkah Ananda terpikir untuk mengamati wajah Ananda dan merasa bahwa
hidung atau bibir Ananda mirip dengan Ibu? Bagaimana dengan bentuk rambut
Ananda? Apakah mirip Ayah? Ataukah
berbeda? Coba perhatikan, bagaimana
warna kulit Ananda, cenderung mirip Ayah atau Ibu? Apakah anggota keluarga yang Ananda amati
mempunyai kemiripan ciri fisik dengan ayah atau ibu? Bagaimana hal itu dapat terjadi? Bagaimana kakak Ananda memiliki kemiripan bentuk
alis seperti Kakek? Apakah Ananda
tertarik untuk memperhatikan keunikan ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh anggota
keluarga Ananda yang lain? Ayo kerjakan aktivitas
berikut untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Terlebih dulu mintalah izin kepada anggota keluarga
yang akan Ananda amati dan catatlah ciri-ciri yang dimiliki. Dapatkah Ananda menambahkan ciri-ciri fisik
yang lain pada tabel berikut? Cobalah
Ananda berdiskusi dengan orang tua, ciri-ciri apa yang ingin Ananda tambahkan.
Tabel 2.1 Ciri fisik anggota keluargaku
Berdasarkan Tabel 2.1 di atas, silahkan Ananda
menjawab pertanyaan berikut. Berdiskusilah dengan Ayah, Ibu, atau anggota
keluarga yang lain.
1. Apa
saja ciri dari ayah yang muncul pada diri Ananda, kakak, atau adik?
2. Apa
saja ciri dari ibu yang muncul pada diri Ananda, kakak, atau adik?
3. Adakah
sifat pada diri Ananda bersaudara yang merupakan gabungan dari kedua orang tua
Ananda? Sebutkan!
4. Diantara
Ananda, kakak, dan adik, siapakah yang paling banyak memiliki kemiripan sifat
dengan Ayah? Siapakah yang paling banyak memiliki kemiripan sifat dengan Ibu?
5. Apa
yang dapat Ananda simpulkan dari aktivitas tersebut di atas?
Ananda dapat mendownload Tugas Aktivitas 1 yang sama seperti diatas sebagai berikut!
Untuk Mengaploud Tugas, Ananda dapat mengupload pada link berikut ini. Pastikan Tugas Ananda sudah dalam bentuk Format .pdf dan diberi Format NAMA_KELAS (Contoh: Spaiderman_9A).
Comments
Post a Comment